Sabtu, 30 April 2011

Contoh Business Plan

hufftt... sebenernya ini bukan kemauan gue,, tapi karena ada mata kuiah ini, jadi gue terpaksa deh... ini ada contoh business plan, di sini gue membuat untuk usaha jasa Gym
Ringkasan Eksekutif
Dalam hal ini saya ingin mengemukakan niat saya dalam membangun sebuah usaha jasa, yaitu membuka sebuah ‘Gym’ di daerah Pasar Baru / Kawasan Kampus. Keinginan saya utuk membuka usaha ini tidak lain karena hobi saya sendiri adalah berolahraga. Keinginan saya untuk menjaga kesehatan tubuh, membawa saya menekuni bidang olahraga, khususnya fitness. Saya ingin membuka usaha jasa sebuah ‘Gym’ di lingkungan kampus karena menurut saya banyak mahasiswa/i lain yang mempunyai hobi yang sama dengan saya. sekarang ini ‘lifestyle’ atau tren dan paradigma telah berubah. Yang dulu identik dengan orang-orang kasar/ preman. sekarang ‘Gym’ merupakan olahraga modern masyarakat jaman kini yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan yang ingin membentuk tubuh .Selain itu, tempat ‘Gym’ saya ini juga menampung minat warga sekitar yang hobi berolahraga khususnya fitness ini.
Strategi pemasaran
• Perlengkapan peralatan Gym
• Promosi
• Penetapan Harga

Tujuan
Tujuan usaha ini adalah untuk meningkatkan dan menampung minat masyarakat, terutama kalangan mahasiswa untuk menerapkan hidup sehat dalam kehidupannya. Biaya yang besar untuk berobat dan banyaknya jenis pnyakit baru mendorong kita untuk pandai dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Dengan olahraga yang teratur kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu pola makan dan makanan yang sehat adalah kunci hidup sehat. Oleh sebab itu, saya terdorong untuk membuka usaha ‘Gym’ di kalangan kampus dengan pangsa pasar utama adalah mahasiswa/i dan mansyarakat sekitarnya. Karena sasaran nya dalh mahasiswa, kemungkinan keuntungan yang diambil mungkin tidak terlalu besar. Tapi, karena ini perusahaan jasa, peralatan ‘Gym’ yang ada bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. Laju pertumbuhan usaha ini ditaksir meguntungkan karena peralatan utama hanya dibeli di awal saja, dan peralatannya bisa bertahn dalam waktu yang cukup lama tanpa harus menggantinya dengan yang baru.

Perusahaan
Usaha saya ini bergerak di bidang jasa yaitu tempat ‘Gym’. Jadi disini, kita menyediakan jasa atau peralatan ‘Gym’ bagi orang-orang yang ingin berolahraga di ‘Gym’. Usaha saya ini diharapka bisa menjadi tempat bagi orang-orang yang malah berolahraga di ‘outdoor’. Karena ini perusahaan jasa, maka saluran distribusi tidaklah begitu penting. Hanya promosi yang merupakan hal mutlak yang dibutuhkan perusaahn jasa seperti yang ingin saya rintis sekarang ini.

Kepemilikan Perusahaan
Kepemilikan perusaan ini rencananya satu orang saja, yaitu saya sendiri. Karena ini usaha jasa di bidang olahraga yaitu ‘Gym’, disini saya membutuhkan karyawan untuk membimbing para ‘costumer’.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Mengingat costumer utama dari perusahaan ini adalah mahasiswa, maka rencananya perusahaan ini di dirikan di sekitar wilayah kampus yaitu pasar baru. Perusahaan ini menyediakan fasilitas/ jasa ‘Gym’, yaitu disini kita menyediakan peralatan yang di butuhkan untuk berolahraga dan personal trainer yang akan membimbing para pelanggan.

Jasa
Jasa yang ditawarkan yaitu peralatan ‘Gym’ dan personal trainer bagi para pelanggan. Disini pelanggan aka mendaftar untuk menjadi member pada perusahaan kita ini, dan para pelanggan akan membayar uang jasa yang dibayarkan setiap bulan. Tapi para pelanggan tidak di haruskan untuk menjadi member, bagi yang non-member akan membayar uang jasa setiap kali para pelanggan menggunakan atau memakai jasa kita.
Deskripsi barang : Smith Machine, Cable Crossover, Lat Pull Down, Rowing Machine, Butterfly machine, Leg Press, Leg Extension, Leg curl, Inner-outer, Chest press, incline press, Bicep curl, Twister, Back up/roman chair, Sit up, Bench press.
Dan Alat fitness Cardio : Treadmill electric dengan HP (horse power 4 hp keatas) Stepper, Crosstrainer, Exercise bike.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Jasa
Karakteristik persaingan jasa yang akan saya tawarkan ini berpeluang sangat besar. Karena sedikitnya usaha yang sama di lingkungan kampus. Kalauoun ada, tempatnya yang cukup jauh dari tempat tinggal mahasiswa dan membutuhkan banyak biaya untuk mencapai tempat itu. Sedagkan tempat saya ini dibangun di pusat tempat mayoritas tempat tinggal mahasiswa,
sehingga tidak memrlukan biaya tambahan untuk mencapai ke tempat saya. tempat yang nyaman dan kualitas pelayanan yang baik akan menjadi kunci utama dalam mendapatkan pelanggan.

Tingkat Lanjut Layanan
Usaha saya ini akan buka setiap harinya, mengingat karena pelanggan utamanya adalah mahasiswa yang biasanya mempunyai waktu kosong di hari libur, maka perusaahan saya ini akan buka setiap hari, kecuali perayaan hari besar keagamaan. Usaha ‘Gym’ ini akan buka dari jam 10 pagi sampai dengan 10 malam. Karena biasanya banyak orang yang berolahraga di sore hari, kare ini usaha ini buka di jam 10 pagi, dan malamnya kan tutup pada jam 10 karena disaat itu orang-orang mulai untuk beristirahat.

Analisis Pasar / Pasar Sasaran
Konsumen utama yang ditargetkan dalam usaha saya ini adalah kalangan mahasiswa/i dan masyarakat sekitar yang ingin berolah raga. Dengan besarnya minat orang-orag, terutama para mahasiswa yang ingin memilki tubuh yang sehat dan ideal. Oleh karena itu, kita ingin menampung dan memotivasi orang-orang aar hidup sehat, dan kita ingin mengubah paradigma masyarakat tentang olahraga fitness ini. Sekarang ini olahraga fitness adalah olahraga modern dan banyak diminati kalangan muda karena kebutuhan ingin hidupsehat dan penampilan yang ideal disini kami hadir untuk mewujudkan impian orang-orang yang ingin hidup sehat dan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Kunci Untuk Sukses / Bersaing
- Tempat yang strategis yaitu dekat dengan tempat tinggal pangsa pasar utama yaitu mahasiswa.
- Fasilitas yang lengkap. Disini, kita kan menyesiakn fasilitas yang lengap untuk sebuah ‘Gym’ untuk kalangan pria ataupun wanita.
- Biaya yang murah. Dalam hal ini, kaena pangsa pasar adalah mahasiswa, maka kita tidak akan menarik keuntungan yang begitu besar. Dan lagi peralatan yang tahan lama tidak membutuhkan biaya peraltan terus-menerus.
- Menyediakan Personal Trainer dan Informasi kehesahatan. Kita akan menyediakan personal trainer yang akan membimbing para pelanggan dalam brolahraga. Arena olahraga ini membutuhkan sedikit keahliah, maka akan disediakan personal trainer yang akan membingbing para pelanggan. Selain itu akan di sediakn pula inforasi seputar kesehatan, cara beroalah raga yang benar dan menu makanan yang sehat.

Periklanan
Periklanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam uasaha jasa. Dalam hal ini saya akan beriklan melalui menyebar pamphlet di sekitar kampus, dan bahkan dari mulut ke mulut, selanjutya beriklan melalui radio local. Jika usaha sudah cukup mapan, maka saya akan beriklan lewat stasuin TV local atau surat kabar lokal.

Organisasi
Struktur organisasi dalam perusahaan jasa saya ini tidak begitu banyak. Hanya terdiri dari pemilik sekaligus pemimpin. Dan karyawan sekaligus personal trainer yang merangkap semua tugas yang dibuthkan, seperti membersihkan tempat, mengelola keuangan, dan mengelola anggota atau member pada tempat fitness tersebut. Dalam hal ini personal trainer akan dibagi dan membawahi beberapa member. Untuk tahap pertama mungkin dibutuhkan 3 personal trainer selain diri saya sendiri yang akan lebih banyak bertugas dalam pengelolaan usaha dan member di tempat usaha saya.
Struktur Organisasi
Pimpinan / Pemilik / Pengelola

Personal Trainer / Karyawan

Member / Costumer


Analisis Keuangan
Uang yang akan dikeluarkan hanya pada awalnya saja yaitu dalam pembelian peralatan dan sewa tempat. Disini akan dirinci analisis keuangan yang mungkin akan dikeluarkan :


Peralatan Fitness ‘Gym’ :
Smith Machine, Cable Crossover, : Rp. 4.000.000,- @ Rp. 2.000.000
Lat Pull Down, Inner-outer, : Rp. 3.500.000,- @ Rp. 1.500.000
Rowing Machine, Butterfly machine, : Rp. 5.000.000,- @ Rp. 2.500.000
Leg Press, Leg Extension, Leg curl, : Rp. 3.000.000,- @ Rp. 1.500.000
Chest press, incline press, Bicep curl, : Rp. 12.000.000,- @ Rp. 4.000.000
Back up/roman chair, Sit up, Bench press : Rp 9.000.000,- @ Rp. 3.000.000
Total : Rp. 35.500.000
Sewa Tempat : Rp. 4.000.000,- / tahun
Pembuatan Kartu dan Biaya Lain : Rp. 5.000.000
Total Akhir : Rp. 44.500.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar